Wednesday, 30 September 2015

Tagged Under:

Belajar Keperawatan melalui Ebook

Share

Assalamualaikum. Wr. Wb

Pada kesempatan kali ini www.perawatpintar.web.id akan membahas salah satu cara meningkatkan kualitas keperawatan melalui e-book. Beberapa mahasiswa keperawatan yang sudah di klinik, perawat klinik mengeluhkan sedikitnya waktu untuk belajar dan mahalnya membeli buku. Permasalahan ini ternyata bisa dipecahkan melalui e-book (buku elektronik). 

Saat ini, membaca buku dapatdilakukan dimana saja (mobile) dengan memanfaatkan buku elektronik (e-book),karena bentuk dokumennya berupa dokumen digital yang memungkinkan untuk digunakan pada komputer, laptop, handphone maupun komputer tablet.

Ada baiknya kita tahu format-format file yang sering digunakan untuk E-book. Berikut adalah beberapa format ebook yang sering digunakan : 

ePUB
ePUB (Electronic Publication) adalah format ebook yang populer saat ini karena open-source dan terus berkembang. Selain itu ePUB juga mendukung adanya Scripted Content Document yang bisa menyajikan animasi, video, dan interaktivitas kepada user melalui Javascript. Format ePUB pada dasarnya merupakan dokumen terkompresi dengan format zip, denganalgoritma kompresi tertentu. Format ePUB lebih mudah dibaca dibanding PDF. PDF adalah format populer untuk eBook karena tampilan yang sama pada perangkat apapun dan dapat mempertahankan tata letak yang tepat dari buku. Namun, manfaat ini adalah kerugian yang besar pada perangkat mobile, seperti sering harus zoom dan pan bolak-balik untuk melihat segala sesuatu di halaman. File ePub, di sisi lain, merupakan pilihan yang semakin populer. Mereka dapat mengatur sendiri untuk mengisi layar Anda.


PDF 
PDF (Portable Document Format) adalah merupakan format yang paling sering dijumpai karena sifat format ini yang tidak bisa diedit dan ukurannya filenya kecil. Kelebihan lainnya adalah adanya fitur search yang memudahkan pencarian kata. Cara mumbukanya adalah dengan PDF reader. Untuk di Windows bisa menggunakan Adobe Reader dan sejenisnya. 

LIT 
LIT merupakan format ebook standard Microsoft. Cara membukan ebook dengan format ini adalah dengan MS Reader atau dengan menggunakan ICE Book Reader. Keunggulan format ini adalah memungkinkan teks dalam ebook disesuaikan dengan lebar layar device yang digunakan untuk mebacanya dan bentuk huruf yang nyaman dibaca. DOC dan RTF Format DOC dan RTF biasanya tidak digunakan untuk ebook komersial karena sifatnya yang mudah di edit maupun di copy paste sehingga kurang menjamin HAKI. Format ini dapat dibuka dengan MS Office(Windows) ataupun Open Office (Linux) 

Plain Text 
Plain Text adalah format yang paling universal buat dokumen di dunia komputer dan memiliki beberapa kelemahan antara lain tidak mampu menampilkan cetak tebal, miring dan garis bawah, tidak bisa menampilkan ukuran huruf ataupun font yang berbeda-beda dalam satu dokumen, dan tidak bisa menyisipkan gambar. Format plain text dapat dibuka dengan text editor maupun browser. 

HTML 
HTML lebih sedikit canggih daripada plain text. Format ini mampu menampilkan teks dalam bentuk yang bermacam-macam. Teks muncul tidak hanya  dalam satu jenis dan warna monoton, tetapi juga dalam berbagai ukuran, jenis font, serta warna yang berbeda. Format ini bisa dibuka dengan web browser.

Selama ini pengalaman penulis lebih nyaman dengan menggunakan ePUB dan PDF karena banyak aplikasi mobile seperti handphone dan tablet yang support sehingga bisa membaca dan belajar bahkan saat di perjalanan sekalipun. Jadi sudah tidak ada alasan lagi perawat Indonesia untuk tidak rajin membaca kecuali MALAS MEMBACA. 

Semoga tulisan yang sedikit ini bisa bermanfaat dalam menambah khasanah pengetahuan Perawat Indonesia.

HIDUP PERAWAT INDONESIA!!!

0 comments:

Post a Comment

Berikan pendapat anda disini

Ada request?

Name

Email *

Message *

Akun Line Perawat Pintar

Akun Line Perawat Pintar
Scan dengan QR Code Reader atau klik