Wednesday, 30 September 2015

Tagged Under:

Belajar Keperawatan Melalui Ebook: Membaca Ebook di Komputer dengan Calibre

Share

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Pada kesempatan ini www.perawatpintar.web.id akan mengulas beberapa seri tentang Belajar Keperawatan Melalui Ebook. Beberapa mahasiswa keperawatan yang sudah di klinik, perawat klinik mengeluhkan sedikitnya waktu untuk belajar dan mahalnya membeli buku. Permasalahan ini ternyata bisa dipecahkan melalui e-book (buku elektronik).

Saat ini, membaca buku dapat dilakukan dimana saja (mobile) dengan memanfaatkan buku elektronik (e-book) karena bentuk dokumennya berupa dokumen digital yang memungkinkan untuk digunakan pada komputer, laptop, handphone maupun komputer tablet. Setelah kemarin kita membahas format file-file ebook di http://www.perawatpintar.web.id/2015/09/belajar-keperawatan-melalui-ebook.html maka pada saat ini kita akan mengulas software untuk membaca ebook di komputer yaitu Calibre - Ebook Management. Seperti yang dikatakan di situs resimnya, Calibre adalah software gratis sekaligus opensource yang mempunyai fungsi utama sebagai perpustakaan Ebook yang dibuat oleh para pengguna Ebook untuk para pengguna Ebook.

1. Instalasi Software
- Download software calibre dengan mengklik gambar dibawah ini


- Setelah itu dobel klik di software yang sudah didownload tadi
- Ikuti proses hingga selesai.

2. Cara Memasukkan Ebook ke Calibre
- Pilih bahasa serta folder untuk menyimpan folder ebook anda


Pada contoh ini saya pilih “English” dan folder di E:\My Documents\Calibre Library (anda bisa memilih folder sesuai keingingan anda) setalah itu klik NEXT
-Selanjutnya memilih device anda dalam hal ini saya memilih Android Phone namun jika anda bingung anda bisa memilih generic smartphone. Setelah itu klik NEXT lalu klik FINISH pada langkah selanjutnya.


- Langkah Selanjutnya adalah menambahkan ebook anda ke dalam calibre. Cara pertama adalah klik “Add Books” di pojok kiri atas Calibre. Pilih “Add Books From Single Directory” jika ingin menambahkan satu buku.


- Ebook anda akan masuk ke dalam “Library Calibre” 


3. Cara Membaca Ebook di Calibre
- Klik kanan pada buku yang ingin anda baca lalu pilih “View” lalu pilih sub menu “View”


- Setelah itu akan muncul ebook viewer dan anda bisa membaca ebook dengan sangat mudah seperti membaca buku.


Beberapa fitur pada ebook viewer calibre adalah sebagai berikut:

- Ini dia beberapa tampilan membaca ebook “Membaca EKG Dasar bagi Mahasiswa Profesi Keperawatan” karya saya.
Gambar  Awal Bab 1

Gambar Isi Bab 1 dengan Ukuran Huruf Kecil


Gambar Tampilan Isi Bab 1 dengan Ukuran Huruf yang Lebih Besar


Gambar Tampilan Full Screen


Anda juga bisa membaca banyak epub lainnya yang ada di internet dengan format EPUB atau Format Lain dengan Calibre.

Diawal tadi dikatakan fungsi utama kan? Kenapa? Karena Calibre ini mempunyai banyak fungsi hebat. 

Library Management
Fitur ini adalah fitur utamanya, dengan tampilannya yang sangat simple, ebook organizer ini dapat mengelompokkan Ebook berdasarkan: Title (judul), Author (Penulis), Date added (Tanggal kita menambahkan Ebook), Date published (Tanggal Ebook dipublikasikan), Size (Ukuran Ebook), Rating, Series, Language (Bahasa) dll. Kita juga bisa mengurutkan Ebook berdasarkan Comment atau Tag.

Kalau kita punya banyak Ebook dan bingung mau mencari buku yang mana, kita juga bisa menggunakan fasilitas Search untuk memudahkan kita mencari Ebook yang kita inginkan.

Ebook organizer yang satu ini juga bisa mendownload metadata tentang Ebook anda dari internet. Apa itu metadata? Jadi jika anda mempunyai Ebook “kosong” dalam arti tidak tau siapa penulisnya, kapan buku itu diterbitkan, maka Calibre bisa mendownload data-data ini untuk anda. Sangat hebat bukan?

Pengkonversi Ebook / Ebook Convertion
Pernah anda mendownload Ebook dengan format prc, cbr, mobi atau yang lainnya? Bingung cara membuka ebook itu dengan apa? Well, jatuhkan pilihan anda pada Calibre. Selain dapat membaca ebook dengan ekstensi file di atas, anda juga bisa mengkonversinya menjadi ebook dengan format yang lebih familiar seperti epub, pdf atau txt.

Untuk list lengkap ekstensi apa aja yang disupport oleh Ebook Organizer ini, silahkan merujuk ke link web Calibre

Bukan sekedar konverter biasa, Calibre dapat membuat chapter atau tabel konten secara otomatis. Calibre juga memastikan font dapat dibaca dengan fiturnya yang disebut rescale font.

Sinkronisasi dengan Ebook Reader pada device anda
Anda mempunyai Amazon Kindle Fire? Atau Sony Reader? Anda bisa mengsinkronisasi Ebook anda yang ada di laptop ke device dengan Calibre. Calibre juga “pintar” dalam memilih format ebook apa yang tepat untuk device anda.

Jadikan News dari RSS menjadi Ebook
Nah ini juga salah satu dari fitur hebat Calibre, mungkin anda tau situs warta seperti The Guardian, The New York Times, ESPN? Situs-situs tersebut mempunyai RSS, dan ajaibnya, Calibre dapat merubah konten yang ada di RSS tersebut menjadi Ebook yang dapat anda baca.

Situs berita pun tidak hanya yang ada di Inggris atau Amerika sana, terdapat 1187 sumber/situs warta yang tersebar diseluruh dunia, termasuk yang ada di Indonesia, Kompas contohnya. Ada juga Bahasa English Indonesia, seperti Jakarta Post.

Anda tidak akan mendownload rangkumannya saja, tetapi KONTEN FULL yang ada di situs warta tersebut. Anda pun dapat membuat jadwal download yang bisa diatur sesuka hati anda untuk memastikan kapan aja Calibre mendownload berita terbaru dari situs warta pilihan anda.

Jika anda ingin memantau postingan di blog favorit anda seperti www.perawatpintar.web.id , anda juga bisa menambahkan RSS Feed sendiri untuk diupdate oleh Calibre.

Caranya : Klik Fetch News -> Add a custom news source. Lalu silahkan bereksperimen ria di sana yah 

Ebook Reader yang powerful
Calibre dapat membaca semua format ebook yang terkenal, seperti epub, prc, pdf dll. Calibre Ebook Reader juga mempunyai fungsi Bookmark, search, Table Of Content, Printing, Copying dll.

Ketika anda selesai membaca misal di halaman 87, dan anda exit dari software Calibre. Ketika anda membuka Calibre lagi, anda langsung berada di halaman 87 secara otomatis 

Dan masih banyak lagi fitur lainnya yang harus anda coba sendiri di aplikasi ini 

Selamat membaca Ebook, semoga artikel dan aplikasi ini bermanfaat untuk anda semua. Jadi sudah tidak ada alasan lagi perawat Indonesia untuk tidak membaca kecuali MALAS MEMBACA.

Jika anda suka dengan web site ini, dukung kelangsungan web ini dengan mengirimkan donasi anda.

HIDUP PERAWAT INDONESIA!!!

Wassalamualaikum.Wr.Wb.

Referensi:
• Pengalaman pribadi

Sumber Gambar:
• Pribadi

0 comments:

Post a Comment

Berikan pendapat anda disini

Ada request?

Name

Email *

Message *

Akun Line Perawat Pintar

Akun Line Perawat Pintar
Scan dengan QR Code Reader atau klik