Wednesday, 30 September 2015

Tagged Under:

Belajar Keperawatan Melalui Ebook: Beberapa Aplikasi Pembaca Ebook Di Handphone/Tablet PC Anda

Share

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Pada kesempatan ini www.perawatpintar.web.id akan mengulas beberapa seri tentang Belajar Keperawatan Melalui Ebook. Beberapa mahasiswa keperawatan yang sudah di klinik, perawat klinik mengeluhkan sedikitnya waktu untuk belajar dan mahalnya membeli buku. Permasalahan ini ternyata bisa dipecahkan melalui e-book (buku elektronik).

Saat ini, membaca buku dapat dilakukan dimana saja (mobile) dengan memanfaatkan buku elektronik (e-book) karena bentuk dokumennya berupa dokumen digital yang memungkinkan untuk digunakan pada komputer, laptop, handphone maupun komputer tablet. Setelah kemarin kita membahas format file-file ebook di http://perawatpintar.web.id/2012/11/belajar-keperawatan-melalui-e-book/ maka pada saat ini kita akan mengulas software untuk membaca ebook di handphone atau tablet pc anda sehingga anda bisa belajar dimanapun anda berada, saat berangkat ke RS dengan kendaraan umum, menunggu jemputan, atau saat ada waktu luang di sela jaga.

UNTUK iOS
Jika anda mempunyai iPhone, iPad atau iPod Touch, dibawah ini adalah aplikasi pembaca ebook terbaik berdasar review dari www.guidingtech.com dan juga beberapa pengalaman dari saya. Aplikasi ini bisa anda dapatkan secara GRATIS (FREE) di AppStore.

1. iBOOKS
iBooks diperkenalkan beberapa tahun yang lalu oleh Apple sebagai respon terhadap Amazon, Barnes & Noble dan penjual ebook lain waktu itu. iBooks telah menjadi aplikasi yang cukup besar untuk membaca ebook. Antarmuka yang sangat bagus dan toko iBooks yang menawarkan katalog yang mengesankan setiap hari. Buku jelas dapat dibeli dari dalam iBooks sendiri dan iBooks app sync mulus melalui iCloud tidak peduli jika Anda menggunakan iPad Anda, iPhone atau iPod Touch Anda untuk membaca ebook. Satu kelemahan utama yang iBooks adalah bahwa Apple belum merilis aplikasi desktop PC bagi pengguna untuk dapat membaca pembelian mereka di tempat lain selain di perangkat iOS mereka. Di sisi positif, iBooks mendukung format ebook EPUB. Penulis sendiri memakai iBooks untuk membaca koleksi ebook dalam epub maupun PDF. iBooks ini juga dilengkapi kamus bawaan dari Apple namun dalam bentuk English to English.


     
2. KOBO
Akhir-akhir ini, Kobo telah menjadi aplikasi yang sangat kompetitif dalam persaingan aplikasi pembaca ebook. Aplikasi ini mendukung file EPUB dan yang paling penting, Mac dan aplikasi PC lain Anda dapat membaca semua buku yang dibeli. Fiturnya yang paling menarik adalah integrasi sosial, yang memungkinkan Anda untuk melihat apa yang teman-teman anda sedang baca, apa yang mereka pikirkan tentang buku, waktu buku telah dibaca dan selesai, ulasan dari pembaca lainnya, semua tanpa keluar aplikasi.


     

3. STANZA
Stanza adalah salah satu aplikasi ebook Reader pertama yang tersedia pada iPhone, dan dengan cepat mendapatkan popularitas karena dukungan untuk beberapa format file dan pilihan kustomisasi. Tapi setelah Amazon membeli Stanza, update menjadi kurang. Aplikasi ini awalnya sangat tidak kompatibel dengan iOS 5, dan banyak orang khawatir bahwa Amazon tidak akan memperbaikinya. Namun, Amazon telah merilis update yang membawa kompatibilitas untuk iOS5 sehingga penggemar Stanza bisa kembali membaca pada perangkat iOS mereka (kecuali masih memakai IOS 4, karena ada laporan bahwa update ini hanya kompatibel dengan iOS 5). Pengalaman saya masih bagus jika memakai iBooks


UNTUK ANDROID
Apakah anda memiliki ebooks di ponsel android tapi kesulitan untuk membacanya? Nah  saat ini masalah ini akan terselesaikan karena anda bisa membaca ebook di ponsel android dengan aplikasi khusus. Dan kali ini kita bahas secara singkat deretan aplikasi untuk membaca ebook di ponsel Android berdasar review dari forum www.teknoup.com dan pengalaman teman pengguna Android.

Berikut ini Aplikasi untuk membaca Ebook di Android :
1. Moon + Reader
Moon + Reader juga merupakan aplikasi android gratis untuk membaca ebook di ponsel android. Aplikasi ini mendukung perpustakaan online. Untuk mengunakan aplikasi ini juga cukup mudah karena sangat mirip seperti membaca buku sungguhan.
Moon+ Reader mendukung format html, epub, fb2, txt, UMD dan masih banyak lagi. Aplikasi pembaca ebook ini menyediakan proteksi saat membuka selain itu juga memiliki 10 tema yang tertanam dalam aplikasi ini. Kelebihannya adalah mendukung kamus eksternal seperti colorDict, FreeDictionary.org, Fora kamus dan lain-lain. Pengalaman teman penulis ini adalah yang terbaik.
  


2. Aldiko Book Reader
Aldiko Book Reader adalah aplikasi android gratis yang memungkinkan untuk membaca dan mendownload ebook online.  Aplikasi ebook readers ini menyediakan jenis font yang sempurna, margin, warna dan sejenisnya. Ada juga modus malam sehingga waktu malam hari tetap bisa membaca dengan nyaman.


3. AReader
Areader merupakan aplikasi android gratis untuk membaca ebooks di ponsel Android. Di aplikasi ini disediakan berbagai macam ebooks dari berbagai penulis terkenal di dunia. Tapi tentu saja untuk membaca ebooks ada yang berbayar dan ada yang gratis. Kalau tidak ingin mengeluarkanm baca saja yang gratisan. Aplikasi pembaca ebooks ini bisa membaca buku dalam format ePub, PDF, Txt, CHM dan masih banyak lagi.


 

Jadi silahkan anda segera ke AppStore atau Google Play Store untuk mendownload aplikasi diatas sehingga handphone atau tablet PC anda bisa menjadi sangat bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan anda karena Insya Alloh www.perawatpintar.web.id akan banyak membuat ebook dalam format epub dan PDF untuk anda. 

Selamat membaca Ebook, semoga artikel dan aplikasi ini bermanfaat untuk anda semua. Jadi sudah tidak ada alasan lagi perawat Indonesia untuk tidak membaca kecuali MALAS MEMBACA.

Jika anda suka dengan web site ini, dukung kelangsungan web ini dengan mengirimkan donasi anda.

HIDUP PERAWAT INDONESIA!!!

Wassalamualaikum.Wr.Wb.
Referensi:
http://www.guidingtech.com/16090/5-best-ebook-readers-ios-iphone-ipad/
http://lifehacker.com/5858432/the-stanza-ereader-is-back-now-with-ios-5-compatibility
http://www.teknoup.com/forum/topic/1405/lima-aplikasi-e-book-reader-favorit-untuk-android-anda/


Sumber Gambar:
http://blog.ub.ac.id/pacarmerah/files/2012/08/toko-gadget-online.jpg
http://mobiputing.com/wp-content/uploads/2011/11/stanza-501.jpg
http://www.quietthyme.com/Content/images/readers/moonreaderpro-bg.jpg
http://www.moondownload.com/images/screenshot16_1.png
http://www.knowyourmobile.com/siteimage/scale/0/0/89480.jpg

0 comments:

Post a Comment

Berikan pendapat anda disini

Ada request?

Name

Email *

Message *

Akun Line Perawat Pintar

Akun Line Perawat Pintar
Scan dengan QR Code Reader atau klik