Wednesday, 30 September 2015

Tagged Under:

Memahami Dasar Sosial Media Bagi Tenaga Kesehatan

Share

A. Memahami dasar-dasar media sosial sebelum Anda online 
Ini termasuk: 
• Mengetahui peraturan dan praktik dari setiap ruang media sosial sebelum Anda bergabung; 
• Mengetahui cara mengatur dan mengelola pengaturan privasi akun online Anda; 
• Memahami konsep privasi, kerahasiaan, pencemaran nama baik, cyber-bullying, fitnah dan hak cipta; 
• Memahami manfaat dan risiko dari media yang Anda gunakan.

B. Jaga kehidupan pribadi dan kehidupan profesional anda terpisah secara online 
• Anda harus memastikan Anda melindungi identitas pribadi Anda secara online. 
• Lakukan : Pikirkan baik-baik tentang informasi apa yang Anda ingin  bagi tentang diri Anda secara online dan bagaimana rincian ini dapat dilihat oleh orang lain. Ini mungkin termasuk mengidentifikasi diri sebagai perawat atau bidan dan di mana Anda bekerja atau kuliah.
•Jangan: 
o'teman' menggunakan layanan anda atau menggunakan layanan orang lain; 
o mengambil foto atau video di tempat kerja kecuali bagian dari persetujuan pelatihan profesional, mengajar atau belajar; 
o melampiaskan atau menyampaikan keluhan secara online, dan 
•Lihat situasi, kolega atau pengguna jasa anda. Selalu hormati batas-batas profesional dan pribadi.

C. Hormati privasi pasien/ klien dan kerahasiaannya.
• Media sosial adalah media terbuka, berbagi dan informal. Privasi, kerahasiaan dan profesionalisme adalah inti dari nilai-nilai keperawatan dan kebidanan. Oleh karena itu, Anda perlu menghormati hak-hak privasi dan kerahasiaan pasien dan kolega dan menghormati nilai-nilai profesi Anda setiap saat. Postinglah yang bijak dan benar.

D. Gunakan situs media sosial dan jejaring sosial untuk pengembangan profesional Anda 
• Ada banyak cara untuk menggunakan media sosial secara profesional dan NMBI ( Konsil Keperawatan dan Kebidanan Irlandia-red) mendukung penggunaan situs media sosial yang bertanggung jawab oleh perawat, bidan dan mahasiswa. Anda bisa, misalnya, update dengan penelitian  terbaru menggunakan Twitter, update organisasi dari Facebook, belajar dari YouTube dan membuat jaringan dengan rekan-rekan di LinkedIn. Anda harus membuat kehadiran online Anda berharga untuk diri sendiri dan orang lain. Cobalah untuk 'terlibat, bertukar dan memperkaya' (Kalia, 2011).

E. Berpikir sebelum Anda memposting - apakah yang anda posting tepat untuk media sosial?
• Tetap profesional setiap saat. Jangan posting pesan atau informasi tentang sesuatu yang tidak ingin rekan-rekan Anda dan manajer  anda melihatnya. Jika Anda akan mempublikasikan sesuatu yang tidak akan Anda lakukan di ruangan yang penuh dengan orang-orang, maka jangan lakukan.

F. Bayangkan posting Anda akan menyebar secara viral/seperti virus : “jika ragu-ragu, tinggalkan saja!”
• Bahkan postingan 'pribadi' bisa 'menyebar seperti virus' dalam hitungan jam di internet. Bahkan jika Anda yakin pengaturan Anda sudah diset pribadi, teman-teman bisa posting kembali atau komentar pada konten yang telah Anda tempatkan secara online. Apa yang Anda posting online adalah permanen.
Sosial Media dan 6 P

G. Gunakan "Netiquette" ketika Anda sedang online 
• 'Netiquette' mengacu tata krama online. Misalnya, Anda TIDAK MENGGUNAKAN HURUF KAPITAL dalam email atau pesan karena seperti berteriak online.
• Ingat bahwa media sosial yang berbeda memiliki pedoman netiket yang sangat spesifik ke media yang bersangkutan. Cari tahu netiket pada media yang Anda gunakan dan cari tahu apa yang dianggap netiket yang baik pada media tersebut.

H. Cek setelan akun dan password online anda secara teratur 
• Pengaturan privasi dapat berubah secara teratur di situs media sosial. Tinjau pengaturan Anda sendiri setiap beberapa minggu. Rancang password yang 'kuat'. Pasword yang kuat setidaknya tujuh karakter dan merupakan campuran dari huruf, angka dan simbol. Pasword yang kuat tidak harus menguraikan setiap kata yang ada di kamus dan tidak boleh mengandung nama Anda atau nama perusahaan. Pasword juga harus sangat berbeda dari pasword sebelumnya. Jika password Anda 'lemah', mungkin ditebak dan membuat akun Anda rentan terhadap hacking.

I. Hapus link apapun antara Anda dan konten yang tidak pantas secara online 
• Jika ada 'tag' (link ke nama Anda) dalam foto yang tidak senonoh, update-an atau pesan yang orang lain posting secara online;  atau jika Anda terhubung ke halaman atau kelompok yang memiliki konten tidak profesional atau ilegal, Anda perlu mengambil tindakan. Menghapus link, meminta untuk 'un-tag', permintaan foto dihapus dan melaporkan konten ilegal atau kasar.

0 comments:

Post a Comment

Berikan pendapat anda disini

Ada request?

Name

Email *

Message *

Akun Line Perawat Pintar

Akun Line Perawat Pintar
Scan dengan QR Code Reader atau klik