Tips dan Trik Lulus OSCE (Objective Structured Clinical Exam)

By Perawat Pintar - 07:42


Assalamualaikum. Wr. Wb 

Pada kesempatan kali ini www.perawatpintar.web.id akan berbagi tips tentang “Tips dan Trik Lulus OSCE”. OSCE adalah singkatan dari “Objective Structured Clinical Exam (OSCE)” dimana didesain untuk menguji tentang pengetahuan profesional dan skills keperawatan. 

Jadi OSCE digunakan untuk mengetahui apakah kamu mampu untuk menunjukkan aplikasi pengetahuan serta skills keperawatan yang kamu ketahui. 

Disini www.perawatpintar.web.id akan berbagi Tips dan Trik Lulus OSCE berdasar dari berbagai sumber yang ada. 

1. Cuci Tangan 
Selalu mulai dan akhiri dengan mencuci tangan kamu secara benar! Ini tidak hanya praktik klinis yang baik, ini juga penting dan mudah. 


2. Pastikan Kamu Paham 
Tampaknya sudah jelas, tetapi pastikan kamu mengetahui pemeriksaan, riwayat, dan prosedur apa yang diharapkan kamu ketahui dan tindakan apa yang seharusnya dilakukan di dalamnya. 

3. Berlatih, Berlatih dan Berlatih
Berlatih dimulai dari pengkajian. Dimana kamu belajar tentang pemeriksaan. Jadi, jika seorang pasien datang dengan keluhan pernapasan singkat dan cepat, jika sesuai, lakukan pemeriksaan pernafasan atau kardiovaskular. Lihat apakah kamu dapat melakukannya dalam waktu yang ada. Pastikan pasien merasa bahwa mereka telah dirawat dengan sangat baik! 

Hafalkan kata pembukamu sampai menjadi sifat kedua. Ini harus terdiri dari memberi salam kepada pasien, memperkenalkan diri, memeriksa identitas mereka, menjelaskan prosedur / pemeriksaan dan mendapatkan izin untuk melanjutkan. Mudah, tetapi penting. 

Berlatihlah dengan teman sekelas dan berlatih secara teratur sampai lancar dan percaya diri. Kegelisahan ujian dapat memengaruhi kinerjamu, jadi lebih baik sedikit overprepared daripada underprepared. 

Jika kampusmu memungkinkan untuk berlatih mandiri dengan peralatan, maka manfaatkan peluang tersebut. Jika tidak, hal-hal seperti palu refleks, manset tekanan darah, dan lain-lain dapat dibeli dengan harga yang layak.

4. Set Timermu 
Cobalah untuk merasakan apa yang terjadi dalam seperti OSCE (+ 7-10 menit). Setel ponselmu dan atur alarm seperti waktu yang disediakan dalam OSCE. Setel alarm segera setelah kamu berlatih masuk stase OSCE. Ingatlah untuk berlatih dengan pengatur waktu juga saat menit berlalu dalam hal yang sebenarnya.
5. Baca instruksi dengan detail 
Baca instruksi dengan seksama setelah kamu memasuki stase OSCE. Kedengarannya konyol, tetapi banyak yang melakukan pemeriksaan yang salah di OSCE (misalnya ekstremitas atas dan bukan pemeriksaan neurologis ekstremitas bawah). Jika kamu tidak melakukan apa yang diminta, kamu tidak akan mendapatkan nilai. 

6. Konsistensi adalah kunci. 
Dengan merancang rangkaian instruksi logis yang kamu terapkan sendiri dapat memberikan keamanan dan membantumu tenang sebelum setiap stase OSCE. 

7. Tetap tenang dan terus berjalan 
Kamu tidak punya waktu untuk panik. Tetap tenang, tarik napas dalam-dalam dan lanjutkan atau benahi yang kurang.
8. Pikirkan lagi dan lihat sekitar 
Kamu mungkin memiliki waktu mempersiapkan alat; jangan biarkan ini sia-sia. Lihat sekeliling untuk melihat apakah ada peralatan di ruangan yang perlu kamu gunakan. 

9. Patient Safety 
Kamu harus menunjukkan praktik yang aman dan kompeten dalam setiap stasiun. Setiap aktivitas di luar waktu yang dialokasikan tidak akan dinilai, jadi pastikan kamu melakukan semuanya dalam jangka waktu yang ada.

9. Jangan Baper 
Sangat mudah untuk menghapus semua memori buruk OSCE dari otakmu. Namun, jika kamu menuliskan kesalahanmu, kamu dapat memeriksanya untuk ujian berikutnya dan memastikan kamu tidak membuat kesalahan yang sama lagi. Berbicara dengan teman-temanmu tentang pengalaman mereka dapat membantu juga. Bila perlu mintalah feedback dari instruktur yang mengujimu.

Demikianlah Tips dan Trik Lulus OSCE dari www.perawatpintar.web.id semoga tulisan ini bisa membantu kamu buat melewati ujian OSCE. 

Semoga Sukses 

HIDUP PERAWAT INDONESIA!!! 

Wassalamualaikum. Wr. Wb 

Referensi: 

https://geekymedics.com/top-tips-for-osces/ 

http://medstudentstories.merckmanuals.com/how-to-prepare-for-an-osce/ 

https://medcast.com.au/blogs/osce-advice-from-an-examiner-preparing-for-the-physical-examination 

https://www.gpex.com.au/are-you-prepared-for-the-osce-ten-tips-to-triumph/ 

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=12&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwj_vNyTzanfAhUIRY8KHXD4BDUQFjALegQIBBAC&url=https%3A%2F%2Fwww.northampton.ac.uk%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F03%2FPreparing-for-your-OSCE-examination-Feb2017-v2.pdf&usg=AOvVaw3kgN-iqcGELDztzp1N2wEW 

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=15&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjLs_6T1qnfAhUDWCsKHVo9DVY4ChAWMAR6BAgDEAI&url=https%3A%2F%2Fwww.brookes.ac.uk%2FWorkArea%2FDownloadAsset.aspx%3Fid%3D2147562296&usg=AOvVaw0ejqp1v_onkNsZoQEpO4pS


  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Berikan pendapat anda disini